Rabu, 27 Oktober 2010

hati2 debu merapi

Abu Merapi Terbang Hingga 200 Km ke Arah Barat
Rabu, 27 Oktober 2010 13:07 WIB      0 Komentar     0   0
Penulis : Liliek Dharmawan
CETAK
KIRIM
FACEBOOK
Buzz up!
Abu Merapi Terbang Hingga 200 Km ke Arah Barat Hujan abu Gunung Merapi--MI/Tosiani/rj
CILACAP--MICOM: Abu Gunung Merapi yang meletus pada Selasa (26/10), terbang hingga 200 kilometer (km) ke arah barat. Abu mulai turun di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) yang jaraknya sekitar 200 km dari Merapi, Selasa sekitar jam 22.30 WIB melalui perjalanan sekitar 4,5 jam.

Petugas Stasiun Meteorologi Kelas I Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Mas Pudjiono menyatakan berdasarkan catatan BMKG Cilacap, abu Gunung Merapi di ujung selatan Jateng sekitar Selasa jam 22.30 WIB.

"Petugas kami mencatat bahwa abu vulkanik turun di Cilacap semalam pukul 22.30 WIB. Hujan abu di Cilacap memang tidak terlalu tebal, tetapi cukup mengganggu dan mengotori lingkungan sekitar. Hujan abu masih berlangsung sampai tengah malam," jelasnya, Rabu (27/10).

Dikatakan oleh Pudjiono, selain petugas yang mencatat banyak laporan masyarakat yang masuk ke BMKG kalau rumahnya kotor ada abu berwarna putih yang menempel di genting dan mobil yang parkir di jalan.

"Abu vulkanik Merapi bisa sampai ke Cilacap karena ada angin yang bertiup dari arah timur dan timur laut menuju arah barat dan barat daya. Kecepatannya mencapai 30-40 km per jam," jelas Pudjiono. (LD/OL-8) Bookmark 
and Share  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar