Rabu, 27 Oktober 2010

merenggut tangisan korban merapi

Magelang - Ilham Azaki, bayi 6 bulan bayi yang meninggal saat hujan abu Selasa(27/10/2010), dimakamkan. Suasana duka menyelimuti proses pemakaman bocah malang tersebut.

Jenazah Ilham dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Sasono Loyo Pangsakti, Dusun Loyo, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/10/2010). TPU itu berada di sekitar tempat pengungsian sementara (TPS) di SD Negeri 1 Gulon, Magelang.

Jenah Ilham memang terpaksa dimakamkan di sekitar lokasi pengungsian, yang berjarak sekitar 15 km dari tempat asalnya di Dusun Gedangan, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung, Magelang. Sebab kondisi di Dusun Gedangan masih rawan bencana letusan Gunung Merapi.

Sebelum dimakamkan, anak pasangan Ponilah (27) (sebelumnya disebut Rukilah) dan Sriyanto (45) itu disalatkan terlebih dahulu di Masjid At-Taqwa. Puluhan pengungsi Merapi turut menyalati jenazah bocah tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Ilham meninggal beberapa saat setelah hujan abu melanda desanya sekitar pukul 19.00 WIB. Saat kejadian, Ilham sedang digendong ibunya di depan rumah.

"Ibunya kemudian membawa Ilham masuk. Tapi tak lama kemudian, Ilham tampak lemas dan meninggal," kata Trubus, adik Ponilah, kepada detikcom di RSUD Magelang.

Dokter RSUD Magelang, dr Ari Andriarini, menduga Ilham meninggal akibat gangguan sistem pernapasan. Penyebabnya bisa berbagai kemungkinan, antara lain korban terlalu banyak menghirup abu.

"Kedua, bisa jadi akibat kepanikan orang tua korban. Saat terjadi hujan abu, secara tidak sadar orang tua korban membekap saluran pernapasan korban dengan kuat. Hal itu menyebabkan korban tidak bisa mengambil napas," ungkap Ari.

Usai upacara pemakaman, Suriman (55), paman dari korban menceritakan saat itu sekitar pukul 17.00, Ilham digendong ibunya Ponilah di depan rumah tiba-tiba terjadi hujan abu dan hujan kerikil.

Cerita lain disampaikan Suriman, paman korban. Menurutnya, saat hujan abu bercampur kerikil tiba-tiba turun, Ilham dan ibunya dievakuasi ke tempat pengungsian akhir (TPA) Tanjung dengan truk. Dalam perjalanan truk tersebut menabrak gerobak bakso.

"Tapi setelah sampai di TPA Tanjung, Ilham sudah meninggal," ungkap Suriman.


(djo/djo)
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar