Rabu, 27 Oktober 2010

Kecepatan Wedhus Gembel 200 Km/Jam


Selasa, 26 Oktober 2010, 19:03 WIB
Smaller  Reset  Larger
antara
Kecepatan Wedhus Gembel 200 Km/Jam
Gunung Merapi menyemburkan awan panas
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) menarik seluruh petugas yang ada di lima posko yang mengelilingi Gunung Merapi menyusul turunnya awan panas (wedhus gembel). Perintah tersebut dikeluarkan BPPTK mulai pukul 18.05.

Bahkan perintah lisan tersebut dilakukan oleh Surono, ketua Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menelepon seluruh petugas posko. ‘’Pokoknya posko segera dikosongkan saat  ini juga,’’ begitu perintah Surono kepada para petugas, Selasa (26/10).

Kelima pos yang dikosong yakni Babadan, Kaliurang, Ngepos, Jrakah dan Selo. Salah satu alasan mengapa pos pengamatan harus dikosongkan lantaran arah larinya wedhus gembel sulit diprediksi. Lantaran saat ini kondisi puncak Gunung Merapi tertutup kabut tebal.

Surono mengungkapkan, yang mengkhwatirkan adalah kecepatan luncuran wedhus gembel tersebut ditaksir mencapai 200 km/jam. ‘’Setiap 15 menit, awan panas terus menyembur dari Gunung Merapi, ini sangat berbahaya,’’ jelasnya.
Red: Siwi Tri Puji B
Rep: Yulianingsih, Indra Wisnu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar